Apa Itu Mobil Sel Bahan Bakar

0
87
Apa Itu Mobil Sel Bahan Bakar
Apa Itu Mobil Sel Bahan Bakar

Apa Itu Mobil Sel Bahan Bakar – Mobil masa depan dapat berjalan pada sel bahan bakar. Mobil sel bahan bakar hanya menghasilkan panas dan air sebagai emisi dan memiliki rentang yang lebih panjang daripada mobil listrik lainnya.

Pengembang mobil listrik sering menyiarkan emisi rendah mereka dibandingkan dengan kendaraan mesin pembakaran internal tradisional (ICE). Mayoritas mobil sel bahan bakar dapat membual tentang menghasilkan nol emisi – hanya memancarkan air dan panas. Kendaraan sel bahan bakar masih merupakan kendaraan listrik (EV) tetapi menggunakan gas hidrogen untuk menyalakan motor listriknya. Mobil-mobil ini menggunakan “sel bahan bakar” alih-alih baterai untuk menggabungkan hidrogen dan oksigen dan menghasilkan listrik yang kemudian menjalankan motor dan hanya mengeluarkan emisi knalpot knalpot yang tidak berpolusi.

Memproduksi hidrogen yang digunakan untuk bahan bakar kendaraan mengarah ke beberapa polusi gas rumah kaca ketika diperoleh dari gas alam, tetapi penggunaannya dalam mobil sel bahan bakar secara signifikan mengurangi emisi knalpot keseluruhan. Sering disebut-sebut sebagai mobil masa depan yang lebih bersih-energi, banyak produsen otomotif seperti Honda, Mercedes-Benz, Hyundai, dan Toyota sudah menawarkan kendaraan sel bahan bakar, dengan produsen lain dalam tahap konseptual. Tidak seperti mobil listrik, yang baterainya yang rumit membawa batasan desain tertentu, mobil sel bahan bakar berpotensi menggantikan semua model pabrikan.

Untuk lebih memahami mobil sel bahan bakar hidrogen, lihat bagaimana mereka membandingkannya dengan ICE, EV, dan hibrida biasa dalam hal pengisian bahan bakar dan jangkauan, dampak lingkungan, dan keterjangkauan.

Pengisian Bahan Bakar dan Kisaran

Meskipun jumlah stasiun pengisian bahan bakar terbatas saat ini, kendaraan sel bahan bakar hidrogen diisi bahan bakar mirip dengan kendaraan ICE. Stasiun pengisian bahan bakar hidrogen menjual hidrogen bertekanan yang mengisi mobil dalam hitungan menit. Waktu isi ulang yang sebenarnya tergantung pada tekanan hidrogen dan suhu sekitar, tetapi biasanya di bawah sepuluh menit. Kendaraan listrik lainnya membutuhkan waktu lebih lama untuk diisi ulang dan tidak mencapai kisaran yang sama dengan mobil konvensional.

Ketika penuh, jangkauan mengemudi kendaraan sel bahan bakar mirip dengan mobil bensin dan diesel, bepergian 200-300 mil dari muatan penuh. Seperti kendaraan listrik, mereka juga dapat mematikan sel bahan bakar untuk menghemat energi saat berada di lampu lalu lintas atau dalam lalu lintas. Beberapa model bahkan memasukkan pengereman regeneratif untuk mendapatkan kembali energi yang hilang dan menjaga baterai tetap terisi. Dalam hal bahan bakar dan jangkauan, mobil-mobil sel bahan bakar menemukan media bahagia dari hibrida tertentu yang berjalan pada baterai dan / atau daya motor tergantung pada keadaan mengemudi. Mereka menangkap yang terbaik dari kedua ICE dan EV dengan mode pengisian ulang yang cepat, jangkauan yang luas, dan hemat energi.

Sayangnya, sama menariknya dengan jarak jauh dan suara bahan bakar yang cepat, jumlah stasiun pengisian bahan bakar hidrogen terbatas pada beberapa kota besar – hampir secara eksklusif di daerah San Francisco dan Los Angeles California. Infrastruktur untuk pengisian dan pengisian bahan bakar sel bekerja untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat, tetapi masih banyak yang harus dilakukan dibandingkan dengan jumlah stasiun pengisian EV dan bahkan lebih lagi dengan lokasi pompa bensin.

Dampak Lingkungan

Dengan mobil tradisional, EV, dan mobil sel bahan bakar, masih ada diskusi dan keprihatinan tentang dampak lingkungan jangka panjang. Mobil bertenaga bensin menghasilkan emisi yang cukup besar, dan baterai mobil listrik menciptakan jejak yang menonjol selama produksi.

Hidrogen yang digunakan dalam mobil sel bahan bakar sebagian besar diperoleh dari gas alam. Gas alam dikombinasikan dengan uap suhu tinggi dan tekanan tinggi untuk membentuk hidrogen. Disebut reformasi uap-metana, proses ini memang menghasilkan beberapa karbon dioksida, tetapi dalam jumlah yang lebih kecil secara keseluruhan bila dibandingkan dengan EV, hibrida, dan mobil berbahan bakar fosil.

Karena mobil sel bahan bakar sebagian besar terlihat di California, negara bagian mensyaratkan bahwa setidaknya 33 persen gas hidrogen yang dimasukkan ke dalam kendaraan berasal dari sumber yang terbarukan.

Keterjangkauan dan Insentif

Mobil-mobil sel bahan bakar menawarkan banyak manfaat dalam hal efisiensi bahan bakar dan dampak lingkungan. Mereka mengisi dengan cepat dan memiliki jangkauan kompetitif dengan kendaraan ICE. Namun, mereka menghabiskan banyak uang untuk menyewa atau membeli, seperti halnya bahan bakar hidrogen mereka. Sebagian besar pabrikan menanggung biaya bahan bakar untuk waktu terbatas untuk membantu mengimbangi label harga tinggi dengan harapan bahwa biaya kendaraan dan bahan bakar akan berkurang seiring waktu.

Di California, negara bagian dengan infrastruktur sel bahan bakar terbanyak, meskipun kecil, tersedia. Mulai Februari 2016, California menawarkan potongan harga untuk mobil sel bahan bakar jika dana tersedia. Ini adalah bagian dari insentif negara untuk memperkenalkan lebih banyak kendaraan bersih ke jalan raya. Untuk menerima potongan harga, pemilik mobil sel bahan bakar perlu menerapkan kendaraan mereka. Pemilik juga akan memenuhi syarat untuk stiker yang memberi mereka akses ke jalur kendaraan hunian tinggi (HOV).

Mobil sel bahan bakar dapat menjadi mobil praktis di masa depan. Meskipun biaya dan ketersediaan stasiun pengisian baterai menghalangi permintaan mereka sekarang, potensi ketersediaan luas dan mengemudi yang efisien tetap ada. Mereka terlihat dan beroperasi seperti kebanyakan mobil lain di jalan – Anda tidak akan menemukan kejutan di belakang kemudi – tetapi mereka menyarankan kemungkinan meluasnya penggunaan energi bersih dalam waktu dekat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here