Cara Mendiagnosis Kaliper Rem yang Rusak atau Gagal

0
70
Cara Mendiagnosis Kaliper Rem yang Rusak atau Gagal
Cara Mendiagnosis Kaliper Rem yang Rusak atau Gagal

Cara Mendiagnosis Kaliper Rem yang Rusak atau Gagal – Kaliper rem adalah beberapa komponen terpenting dari sistem rem cakram modern. Mereka bekerja bersama dengan bantalan rem dan rotor, bersama dengan sisa sistem hidrolik, untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Ketika pedal ditekan, tekanan cairan rem didorong melalui silinder utama ke kaliper, yang memanjang piston dan memaksa bantalan rem menjepit terhadap rotor untuk memperlambat kendaraan. Seiring waktu, kaliper rem mengalami panas yang hebat yang diciptakan ketika pengereman, dan akhirnya bisa gagal, yang akan mengganggu pengereman kendaraan dan secara negatif mempengaruhi karakteristik penanganan dan keselamatannya. Ketika seorang kaliper tidak memburuk, kendaraan biasanya akan menampilkan salah satu dari 5 rambu peringatan berikut untuk memberi tahu pengemudi tentang masalah potensial yang membutuhkan layanan.

1. Kebocoran Cairan Rem

Salah satu gejala yang paling umum dari kaliper yang rusak atau gagal adalah kebocoran minyak rem. Kaliper beroperasi menggunakan tekanan minyak rem dari silinder master dan pedal untuk memperpanjang piston dan memperlambat laju kendaraan. Segel karet dan sepatu boot menjaga agar cairan tidak bocor. Seiring waktu, dengan paparan panas yang konstan yang dihasilkan oleh pengereman, seal ini akan aus dan bocor. Setiap kebocoran dari kaliper rem akan membahayakan kapasitas penyegelan tekanan dari sistem pengereman, yang tidak hanya akan mengacaukan minyak rem tetapi juga secara signifikan mengurangi kemampuannya untuk menghentikan kendaraan. Anda mungkin melihat genangan air di bawah mobil Anda dan bau karet yang terbakar dari cairan yang bocor.

2. Pengurangan Daya Pengereman

Meskipun itu juga bisa menjadi tanda bocornya minyak rem, tenaga rem yang nampaknya berkurang bisa menjadi tanda kaliper rem yang buruk. Mungkin terasa perlu upaya ekstra untuk mengerem dan berhenti total. Dalam hal ini, slider kaliper itu sendiri mungkin macet karena penumpukan kotoran dan debu. Rem akan terasa kenyal saat diaktifkan dan kaliper tidak akan dapat sepenuhnya menekan. Ketidakmampuan dalam mencengkeram untuk mengerem dengan benar dapat sangat menghambat keselamatan kendaraan, dan masalah ini harus diperiksa sesegera mungkin.

3. Suara Tidak Normal Saat Pengereman

Suara abnormal dari roda saat pengereman adalah masalah potensial lain dengan kaliper rem. Jika Anda melihat segala jenis suara bernada tinggi, bunyi berdebam tiba-tiba, atau suara benturan ketika Anda mengerem, itu mungkin merupakan tanda kaliper yang longgar, lengket, atau mengikat. Seorang kaliper rem dalam kondisi ini tidak akan dapat menghentikan kendaraan dengan baik, dan bahkan dapat menyebabkan keausan rem dini.

4. Kendaraan Menarik

Gejala umum lain dari seorang kaliper yang membutuhkan penggantian adalah kendaraan menarik ke kiri atau kanan. Kaliper terkena panas ekstrem dari pengereman, yang kadang-kadang dapat menyebabkan perebutan piston kaliper. Piston kaliper yang disita tidak akan dapat menarik kembali secara otomatis, yang akan menyebabkan hambatan konstan ke roda itu. Ini akan menyebabkan kendaraan mempunyai kecenderungan untuk menarik ke arah samping dengan kaliper yang terkena dampak, karena roda di sisi itu bergerak lebih lambat daripada roda di sisi yang berlawanan karena hambatan rem.

5. Rem Selalu Merasa Terlibat Saat Berkendara

Jika terasa seperti rem selalu menyala bahkan ketika kaki Anda lepas dari pedal rem, itu mungkin pertanda kaliper rem yang macet tersangkut. Kaliper yang kotor dan kotor mungkin macet sehingga tidak memungkinkan kampas rem lepas sepenuhnya. Mungkin terasa seolah-olah mobil bekerja lebih keras untuk melaju kencang, menyeret dengan cepat, atau seolah rem parkir dibiarkan menyala. Kaliper rem yang macet akan membutuhkan perbaikan jika tidak diganti.

Kaliper rem adalah komponen mekanis penting dari sistem pengereman, dan penting untuk keselamatan dan karakteristik penanganan kendaraan secara keseluruhan. Untuk alasan ini, jika Anda mencurigai salah satu kaliper Anda mengalami masalah, mintalah kendaraan diperiksa oleh teknisi profesional atau dealer untuk memeriksa sistem istirahat Anda dan menentukan apakah mobil tersebut memerlukan penggantian kaliper rem.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here