Cara Menemukan Konverter Katalitik Rusak atau Gagal

0
91
Cara Menemukan Konverter Katalitik Rusak atau Gagal
Cara Menemukan Konverter Katalitik Rusak atau Gagal

Cara Menemukan Konverter Katalitik Rusak atau Gagal – Konverter katalitik adalah komponen mobil yang berfungsi mengurangi emisi dan polusi kendaraan. Ini adalah tabung logam yang dipasang di sistem pembuangan. Itu diisi dengan katalis kimia, biasanya campuran platinum dan paladium, dan membantu mengubah emisi kendaraan menjadi gas yang tidak berbahaya. Biasanya, catalytic converter yang rusak akan menghasilkan satu dari 5 gejala yang mengingatkan pengemudi bahwa penggantian mungkin diperlukan.

1. Mengurangi Performa Mesin

Salah satu gejala pertama yang umumnya dikaitkan dengan catalytic converter yang buruk atau gagal adalah penurunan kinerja mesin. Konverter katalitik dibangun ke dalam sistem pembuangan kendaraan, dan sebagai hasilnya, dapat memengaruhi kinerja mesin jika mengalami masalah. Konverter yang tersumbat akan membatasi aliran gas buang, sementara yang retak akan membocorkan gas berbahaya. Salah satu kesalahan dapat mempengaruhi kinerja engine secara negatif dan menyebabkan pengurangan tenaga dan akselerasi serta penghematan bahan bakar.

2. Suara Gemerincing

Suara berisik dari bawah kendaraan adalah gejala lain dari catalytic converter yang buruk atau gagal. Jika catalytic converter menjadi tua atau rusak secara internal dari campuran bahan bakar yang terlalu banyak, sarang lebah yang dilapisi katalis di bagian dalam konverter dapat runtuh atau pecah, menyebabkan keributan. Mainan mungkin lebih jelas ketika memulai kendaraan dan akan memburuk dari waktu ke waktu.

3. Bau Sulfur dari Knalpot

Selama pembakaran mesin, bensin yang mengandung belerang menjadi hidrogen sulfida. Konverter katalitik yang berfungsi dengan baik akan mengubah hidrogen sulfida menjadi sulfur dioksida yang tidak berbau. Saat gagal, Anda mungkin melihat bau belerang, seperti telur busuk yang berasal dari knalpot. Bahan bakar yang tidak terbakar yang tertinggal di knalpot oleh catalytic converter yang buruk menghasilkan bau, dan bahkan dapat menyebabkan asap knalpot yang gelap.

4. Periksa Lampu Engine Menyala

Konverter katalitik buruk atau gagal juga dapat menyebabkan Lampu Periksa Engine menyala. Sensor oksigen dan sensor rasio udara-bahan bakar pada kendaraan modern memantau efisiensi catalytic converter dengan melacak level gas di knalpot. Jika komputer mendeteksi bahwa catalytic converter tidak beroperasi dengan benar, atau tidak mengatalisis gas buang dengan benar, itu akan mematikan Lampu Periksa Engine untuk memperingatkan pengemudi tentang masalah tersebut. Berbagai masalah lainnya dapat mengaktifkan Lampu Periksa Engine, sehingga disarankan agar kendaraan dipindai dari kode masalah untuk memastikan masalah tersebut.

5. Uji Emisi Gagal

Beberapa negara bagian di AS memerlukan pemeriksaan diagnostik komputer mesin untuk lulus tes emisi. Kode masalah akan disimpan di komputer mobil jika memiliki catalytic converter yang salah. Jika ini muncul, mobil akan gagal tes.

Konverter katalitik adalah salah satu komponen emisi terpenting yang ditemukan pada kendaraan modern. Tanpa itu, kendaraan dapat menghasilkan emisi berlebihan yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Jika Anda curiga bahwa catalytic converter Anda mungkin mengalami masalah, periksalah kendaraan tersebut oleh teknisi profesional untuk menentukan apakah mobil tersebut akan memerlukan penggantian catalytic converter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here