Harga Toyota C-HR Hybrid : Review Spesifikasi & Interior Terbaru

0
104


Otomotifo.com – Harga Toyota C-HR Hybrid di Indonesia hanya berselisih sekitar 30 Juta dari versi non-hybrid. Apabila disuruh memilih salah satunya, tentu kami akan memilih C-HR Hybrid. Pasalnya mobil tersebut mempunyai mesin lebih canggih dan beberapa detail keren yang membuatnya terlihat lebih menarik dibandingkan versi non-hybrid.

Jangan harap harga mobil Toyota CHR Hybrid dibanderol murah. Peminatnya harus mengeluarkan uang melebihi 500 Juta Rupiah untuk mendapatkan mobil berteknologi hybrid ini. Menurut kami harganya sebanding dengan beragam fitur serta kecanggihan teknologi yang di ada didalamnya.

DAFTAR ISI ARTIKEL

Berbeda dengan Mitsubishi Outlander Phev, mobil hybrid ini belum mengadopsi teknologi Plugin-Hybrid. Itu artinya pemilik C-HR Hybrid tidak perlu menggunakan colokan listrik untuk mengisi baterai yang ada di dalamnya. Lalu bagaimana cara mengisi baterai C-HR Hybrid?

Baterai mobil ini akan terisi secara otomatis melalui sistem pengereman regenaratif. Jadi ketika kita mengerem maka berakselerasi maka akan menghasilkan energi kinetik yang nantinya digunakan untuk memutar generator pengisian baterai. Masih banyak teknologi canggih yang dimiliki C-HR Hybrid, dan untuk mengetahuinya silahkan simak informasi berikut ini.

Spesifikasi Mesin

Salah satu kelebihan Toyota C-HR Hybrid adalah mempunyai konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Hal ini tak lepas dari konfigurasi mesin 4 Silinder 2ZR-FXE yang mempunyai kapasitas 1.798cc. Mesin 1.8 Liter tersebut didukung teknologi Dual VVT-i yang dikombinasikan dengan motor listrik untuk memastikan kehalusan dan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Mesin yang dipakai Toyota C-HR Hybrid berbeda dengan versi non-hybrid. Karena mobil ini memakai teknologi Atkinson Cycle yang dirancang secara khusus demi mengejar kehematan bahan bakar. Pemakaian teknologi tersebut membuat konsumsi bahan bakar C-HR Hybrid setara mobil dengan mesin di bawah 1.500cc.

Sayangnya pemakaian teknologi Atkinson Cycle membuat tenaga dan torsi C-HR Hybrid lebih kecil dibandingkan non-hybrid. Mesin 1.8 Liter yang dipakainya mampu mengeluarkan tenaga 100 PS pada 6.400 rpm dan torsi 14.5 kgm pada 4.000 rpm. Sedangkan untuk C-HR non-hybrid bisa memuntahkan tenaga 141 PS dan torsi 17.4 kgm.

Untungnya mobil ini sudah dilengkapi motor listrik yang bisa menambah tenaga CHR Hybrid menjadi 122 PS. Kemudian tenaganya disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT. Toyota hanya menyediakan satu varian transmisi, jadi jangan berharap bisa mendapatkan C-HR Hybrid bertransmisi manual.

Interior

Interior Toyota C-HR Hybrid
Interior Toyota C-HR Hybrid

Mobil full hybrid ini juga mempunyai interior mewah sesuai dengan harga Toyota C-HR Hybrid yang mahal. Interiornya bernuansa hitam dan colkat. Dimana joknya memakai kulit sintentis berwarna hitam dan pada bagian dashboard mempunyai aksen coklat. Soal kemewahan memang tidak perlu diragukan lagi, jadi wajar apabila harganya mahal.

Tak berhenti sampai di situ saja, Toyota C-HR Hybrid juga mempunyai layar TFT MID berukuran 4.2 inci untuk menampilkan teknologi Hybrid Synergy Drive. Kita juga dapat memilih mode berkendara melalui layar MID tersebut. Tersedia tiga mode yang bisa dipilih, yakni Sport, Normal, dan Eco.

Meski mewah, namun mobil ini tetap mempunyai kekurangan. Salah satunya adalah Head Unit yang belum terintegrasi dengan System Hybrid. Alhasil head unit tersebut hanya bisa digunakan sebagai Entertainment System yang bisa terkoneksi ke smartphone melaui Miracast dan Weblink.

Interior Toyota C-HR Hybrid
Interior Toyota C-HR Hybrid

Andai saja head unit mobil ini secanggih Mitsubishi Outlander Phev, tentu jauh lebih menarik. Bagi yang tak mempermasalahkan hal itu, maka bisa menikmati kenyamanan yang ditawarkan C-HR Hybrid. Terlebih Toyota menyediakan tombol EV Mode yang berada di konsol tengah bebarengan dengan tombol rem tangan elektrik.

EV Mode digunakan untuk memilih Drive Mode atau mode berkendara. Kemudian untuk transmisinya terdiri dari pengaturan P (Parking), R (Rear), N (Norma), D (Drive), dan B yang berguna untuk menambah efek engine breaking pada saat berkendara agar pengisian baterai semakin cepat.

Sistem kemudianya sudah menggunakan Power Steering dan mempunyai pengaturan Tilt & Telescopic Steering. Sayangnya Toyota tidak menyediakan fitur Sunroof pada mobil ini. Padahal harga Toyota C-HR Hybrid dibanderol melebihi 500 Juta Rupiah. Lalu ada pula fitur Digital AC dan Start/Stop Button.

Eksterior

Eksterior Toyota C-HR Hybrid
Eksterior Toyota C-HR Hybrid

Meski mempunyai beberapa kekurangan dari segi interior, namun kekurangan tersebut akan tertutupi oleh desain eksterior yang terlihat futuristik dan modern. Menurut kami, Toyota C-HR menjadi mobil SUV dengan desain terbaik di Indonesia. Oleh karena itulah, kami bermimpi suatu hari bisa memilikinya.

Menurut Toyota, desain C-HR Hybrid terinspirasi dari berlian. Bodinya juga aerodinamis dan memiliki lekukan body yang iconic. Setiap sisi C-HR Hybrid terlihat sangat modern, terutama pada bagian depan yang sudah menggunakan Fierce Bi-Beam LED Headlamp dengan Auto Leveling.

Pada sisi depan juga terpasang DRL (Daytime Running Light) yang mengadopsi teknologi LED dan dipadukan dengan lampu SEIN yang menyala secara iconic. Kemudian pada bumper depan bagian bawah memiliki Fog Lamp LED. Lalu ada pula spion dengan Side Turn Signal Lamp serta dilengkapi pengaturan elektrik.

Eksterior Toyota C-HR Hybrid
Eksterior Toyota C-HR Hybrid

Beralih ke sisi bagian samping, Toyota C-HR memiliki lekukan body bergaya berlian yang membuatnya terlihat begitu futuristik, modern, dan pastinya sangat mewah. Uniknya lagi, Toyota menyembunyikan gagang pintu belakang, sehingga mobil SUV ini terlihat mirip mobil Coupe.

Lalu untuk sisi belakang dilengkapi Rear Spoiler serta LED Rear Combination Lamp. Tidak ketinggalan logo Hybrid juga terpasang pada sisi belakang dan samping. Disamping itu, Toyota menempatkan fog lamp belakang dan kamera mundur yang nantinya bisa diakses melalui head unit di dashboard.

Kemudian untuk dimensi bodinya memiliki panjang keseluruhan 4.360 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.565 mm. Sedangkan sumbu rodanya berjarak 2.640 mm. Jarak pijak depan belakang juga cukup tinggi, yakni mencapai 1.550 mm untuk depan dan 1.570 mm untuk belakang.

Kaki-Kaki

Kaki-Kaki Toyota C-HR Hybrid
Kaki-Kaki Toyota C-HR Hybrid

Nah yang membedakan antara Toyota C-HR Hybri dan non-hybrid adalah mempunyai velg dual tone ring 17″ yang dikombinasikan dengan ban 215/60 R17. Sedangkan untuk varian non-hybrid masih menggunakan velg standar yang tak sesuai dengan harganya. Versi non-hybrid juga belum memakai headlamp LED dan masih menggunakan headlamp halogen standar.

Bantingan suspensi yang nyaman menjadi nilai lebih bagi mobil yang dibanderol melebihi setengah miliar ini. Dimana suspensi depannya memakai MacPherson strut dan untuk bagian belakang memakai Double Wishbone. Tersedia pula rem depan Ventilated disc dan rem belakang Solid Disc untuk menghasilkan respon pengereman yang optimal.

Agar sistem pengeremannya semakin optimal, Toyota membekali mobil ini dengan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Tidak hanya itu, mobil ini juga mempunyai 7 buah Airbags yang akan melindungi penumpang dan pengendara saat terjadi tabrakan dari berbagai sisi.

Fitur keselamatan Toyota C-HR Hybrid memang cukup lengkap. Terlebih mobil ini sudah dilengkapi fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist Control. Alhasil kita bisa berkendara secara nyaman dan aman diberbagai kondisi jalan. Nah berbekal semua fitur tersebut, lalu berapakah harga Toyota C-HR Hybrid di Indonesia?

Spesifikasi Lengkap

Spesifikasi Toyota C-HR Hybrid
Spesifikasi Toyota C-HR Hybrid

DIMENSI
Panjang 4,360 mm
Lebar 1,795 mm
Tinggi 1,565 mm
Wheelbase 2,640 mm
Jarak Pijak Depan 1,550 mm
Jarak Pijak Belakang 1,570 mm
MESIN
Tipe Mesin In-line 4 Cylinders, 16 valve DOHC with VVT-i (intake)
Kapasitas Mesin 1,798 cc
Tenaga 100 PS /6,400 rpm
Torsi 14.5 kgm /4,000 rpm
Bahan Bakar Bensin
Transmisi CVT 7-Speed
Kapasitas Tangki 43 Liter
KAKI-KAKI 
Ukuran Ban 215/60 R17
Velg Ring 17 Dual Tone
Suspensi Depan MacPherson strut
Suspensi Belakang Double Wishbone
PENGEREMAN
Rem Depan Ventilated disc
Rem Belakang Solid disc

Sebelum membahas mengenai harga Toyota C-HR Hybrid, silahkan simak terlebih dahulu tabel spesifikasi di atas. Secara spesifikasi dan fitur, bisa dikatakan C-HR Hybrid merupakan sebuah SUV yang sempurna. Meski masih mempunyai beberapa kekurangan, namun kekurangan tersebut akan tertutupi oleh beragam kelebihan yang dimilikinya.

Daftar Harga Terbaru

Spesifikasi dan Harga Toyota C-HR Hybrid
Spesifikasi dan Harga Toyota C-HR Hybrid

Tipe Mobil Toyota C-HR Hybrid Harga 
Harga Toyota C-HR Hybrid Single Tone Rp. 523.350.000
Harga Toyota C-HR Hybrid Dual Tone Rp. 524.850.000
 Harga Terbaru : Daftar Harga Mobil Toyota

Nah bagi yang tertarik membeli mobil ini, maka harus merogoh kocek sebesar Rp. 520 Jutaan. Toyota menyediakan dua varian warna, yakni Single Tone dan Dual Tone. Harga Toyota C-HR Hybrid Dual Tone dibanderol sedikit lebih mahal dengan selisih cuma 1 Jutaan. Yah, harga Toyota C-HR Hybrid memang tidak bisa dikatakan murah, namun menurut kami sebanding dengan semua kelebihan yang dimiliki mobil ini.

Asal masbro ketahui, Toyota C-HR Hybrid menjadi mobil Full Hybrid termurah yang dipasarkan Toyota di Indonesia. Selain mobil ini, Toyota masih memiliki beberapa tipe mobil hybrid lainnya, seperti Alphard Hybrid, dan All New Camry Hybrid. Sayangnya Toyota belum meluncurkan mobil listrik di Indonesia. Padahal Toyota sudah mengembangkan mobil listrik canggih seperti yang kami sampaikan pada artikel berikut “Daftar Mobil Listrik Toyota“.

Pilihan Warna

Tersedia beberapa pilihan warna yang terbagi dalam varian Single Tone dan Dual Tone. Nah untuk varian Single Tone memiliki pilihan warna White Pearl Crystal Shine, Attitude Black Mica, dan Metal Stream Metallic. Kemudian untuk tipe Dual Tone tersedia dalam pilihan warna Green Metallic With Sporty Black Roof, Blue Metallic With Sporty Black Roof, dan Red Mica With Sporty Black Roof. Mengingat harga Toyota C-HR Hybrid Dual Tone lebih mahal, tentu pilihan warnanya jauh lebih keren.

Kelebihan

  • Desain sangat iconic dengan bentuk body futuristik
  • Memiliki mesin Full Hybrid yang membuatnya lebih hemat bahan bakar dan memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan
  • Bantingan suspensi sangat nyaman
  • Dilengkapi layar MID untuk menampilkan status hybrid
  • Sudah menggunakan AC Digital
  • Semua sistem pencahayaan memakai teknologi LED
  • Desain velg lebih sporty dengan konsel Dual Tone
  • Interior mewah dan nyaman

Kekurangan

  • Belum dilengkapi Sunroof
  • Head Unit belum terintegrasi dengan sistem hybrid
  • Tidak ada pengaturan jok elektrik
  • Tenaga dan torsi lebih kecil dibandingkan varian non-hybrid
  • Harga Toyota C-HR Hybrid melebihi 500 Juta Rupiah

Dengan harga Toyota C-HR Hybrid yang melebihi 500 Juta, nyatanya mobil ini tetap menawarkan daya tariknya tersendiri. Pasalnya mobil SUV Toyota tersebut menawarkan teknologi mesin Full Hybrid yang hemat bahan bakar dan responsif. Desainnya juga sangat iconic, sehingga membuatnya bisa bersaing melawan mobil SUV terbaik lainnya. Bagaimana, apakah masbro tertarik membelinya setelah menyimak informasi spesifikasi dan harga Toyota C-HR Hybrid di atas ?

0/5 (0 Reviews)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here