Modifikasi Scoopy Terbaru 2019 : Babylook, Thailook & Stylish

0
793


Modifikasi Scoopy sangat digemari anak muda jaman sekarang. Pada dasarnya motor matic Honda ini memang mempunyai desain stylish dan elegan sehingga gampang dimodifikasi. Anda dapat menerapkan berbagai macam gaya modifikasi, seperti Thailook, Drag Style, hingga aliran Babylook yang saat ini sedang menjadi tren saat ini. Tren modifikasi di Indonesia memang terus berubah-ubah, namun sering kali mengikuti gaya Mothai (Motor Thailand).

Maraknya modifikasi Honda Scoopy bergaya Thailook dan Babylook Style menjadi bukti bahwa Thailand menjadi acuan para builder tanah air dalam memodifikasi motor dimilikinya. Yah, Negeri Gajah Putih tersebut memang menjadi surganya modifikasi. Ada banyak sekali produsen aksesoris motor yang berasal dari Thailand, sebut saja YSS dan TDR yang saat ini menjadi rajanya aksesoris aftermarket untuk modifikasi motor.

DAFTAR ISI ARTIKEL

Pada dasarnya desain Honda Scoopy sudah keren dan stylish. Namun saking banyaknya pemilik Honda Scoopy di Indonesia membuat motor ini terlihat pasaran. Nah agar terlihat berbeda, maka jalan satu-satunya adalah melakukan modifikasi. Biaya modifikasi Honda Scoopy tentu tidak sedikit. Tetapi biayanya bisa ditekan jika hanya sekedar menambahkan part-part aftermarket yang harganya terjangkau, seperti knalpot maupun velg.


Paling tidak Anda harus menyiapkan budget sekitar 1 Juta Rupiah untuk mengganti velg. Harga velg Honda Scoopy masih tergolong terjangkau. Begitu pula dengan knalpot yang rata-rata dibanderol beberapa ratus ribu. Itupun jika knalpot yang dibeli merupakan barang KW. Apabila asli maka harganya bisa melebihi 1 Juta. Modifikasi motor memang bukan hobi yang murah, namun sebanding dengan hasil yang akan kita dapatkan nantinya.

Ada rasa bangga jika motor yang dimodifikasi berhasil mencuri perhatian orang lain. Terlebih jika modifikasi motor Scoopy yang kita bangun berhasil menjuarai kontes modifikasi. Pengorbanan yang dilakukan akan terbayar lunas dengan hasil yang didapatkan. Nah bagi Anda yang masing bingung ingin menerapkan gaya modifikasi seperti apa, maka silahkan simak referensi modifikasi Honda Scoopy yang kami ambil dari beberapa sumber berikut ini.

1. Modifikasi Babylook Style

Babylook Style adalah aliran modifikasi yang berasal dari Thailand. Ciri khas modifikasi Scoopy Babylook Style adalah mempunyai kaki-kaki lebih gambot dan pastinya menggunakan striping Thailand. Bisa dibilang aliran Babylook Style lebih aman digunakan dibandingkan Thailook Style. Karena modifikasi motor Scoopy bergaya Thailook Style harus memakai ban cacing yang notabennya sangat berbahaya ketika motor melewati jalan berlubang atau polisi tidur.

 

Modifikasi Scoopy Terbaru 2019 : Babylook, Thailook & Stylish
Modifikasi Scoopy Terbaru 2019 : Babylook, Thailook & Stylish

Seperti yang Anda lihat di atas, modifikasi motor Scoopy Babylook Style tetap memakai velg racing yang dicat ulang. Anda juga bisa membeli velg aftermarket yang mempunyai diameter lebih besar. Disamping itu, modifikasi ini mengharuskan kita mengganti knalpot bawaan motor dengan knalpot Tuskigi yang mempunyai desain menyerupai knalpot ori  tetapi dengan header knalpot racing, sehingga suara yang dikeluarkan tetap adem dan nyaman digunakan harian.

Yang paling utama dalam memodifikasi motor adalah kenyamanan. Nah dengan hadirnya aliran modifikasi Scoopy Babylook Style, Anda bisa mendapatkan hal tersebut. Apalagi modifikasinya tergolong simple, sehingga tidak membutuhkan budget terlalu banyak. Palingan Anda hanya butuh mengeluarkan uang sekitar 2-3 Juta Rupiah untuk mengganti velg, striping, knalpot, selang rem dan suspensi belakang.

2. Modifikasi Thailook Style


Wabah Thailook Style sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Ciri khas modifikasi motor Scoopy ini bisa dilihat dari bagian kaki-kaki yang memakai velg jari-jari ring 17 dan ban cacing. Motor bergaya Thailook Style juga memakai beragam aksesoris yang notabenenya tidak penting dan hanya sekedar sebagai hiasan. Tidak lupa striping Honda Scoopy khas Thailand dipadukan dengan warna-warna cerah yang terlihat mencolok.

Modifikasi Thailook Style
Modifikasi Thailook Style

Menurut kami modifikasi Thailook Syle kurang nyaman ketika digunakan harian. Karena pemakaian ban cacing bakal membuat motor kurang stabil ketika melewati jalanan rusak maupun polisi tidur. Pihak Kepolisian juga melarang pemakain ban itu karena dianggap membahayakan keselamatan pengendara dan orang lain di sekitarnya, jadi Anda harus siap-siap kena tilang saat ada Razia kendaraan bermotor.

Modifikasi Thailook Style 2
Modifikasi Thailook Style 2

Apabila disuruh memilih antara Babylook dan Thailook, maka kami akan memilih Babylook Style. Dari segi modifikasi Scoopy tersebut lebih aman dan nyaman ketika digunakan sebagai motor harian. Beda cerita jika mengikuti kontes modifikasi. Kami cenderung memilih gaya Thailook, karena bisa memakai beragam aksesoris aftermarket sesuka hati agar tampilan Scoopy terlihat semakin keren.

Modifikasi Thailook Style 3
Modifikasi Thailook Style 3

Thailook Style sangat cocok bagi modifikator yang berjiwa muda. Modifikasi ini memang cenderung alay, karena harus memakai ban cacing yang tak sesuai standar keselamatan. Tetapi semuanya kembali lagi ke selera masing-masing orang. Bisa saja ada orang dewasa yang ingin merubah motor miliknya bergaya Thailook Style mengikuti trend modifikasi yang sedang digandrungi saat ini.

3. Modifikasi Jari-Jari

Tidak bisa dipungkiri penggunaan velg jari-jari ring 17 ban cacing membuat modifikasi Scoopy semakin keren. Tetapi perlu diingat bahwa ban cacing melanggar peraturan lalu lintas dan bisa kena tilang karena dianggap mengancam keselamatan pengendara. Hal ini juga sudah diatur pada UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dimana pada pasal 48 Ayat 1 disebutkan bahwa setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan harus memenuhi persayaratan teknis dan laik jalan.

Modifikasi Jari-Jari
Modifikasi Jari-Jari

Ketentuan mengenai pemakaian ban cacing juga diatur kembali dalam PP No 55 Tahun 2012 tentang kendaraan. Dimana pada pasal 68 disebutkan kincup roda depan mempunyai batas toleransi 5mm per meter. Lalu pada pasal 73 menyatakan kedalaman alur ban tidak boleh kurang dari 1mm. Disamping itu, ada pula pasal 16 ayat 3 yang berbunyi, ban bertekanan sebagaimana dimaksud pada ayat 2 harus mempunyai adhesi yang cukup, baik pada jalan kering maupun basah.

Modifikasi Jari-Jari
Modifikasi Jari-Jari

Ban cacing memang bukan diperuntungkan sebagai ban harian, karena tidak akan bisa mengimbangi jumlah berat bruto (JBB) atau berat maksimum rangkaian kendaraan bermotor (JBKB) sebagai mana yang dimaksud pada PP No 55 Tahun 2012 pasal 16 ayat 4. Sebenarnya sah-sah saja memakai ban cacing, tetapi hanya sebatas pada ajang balapan resmi motor drag. Jadi jangan sekali-kali memakainya untuk berkendara di jalan raya.

4. Modifikasi Scoopy Karbu

Saat ini sudah ada empat generasi Honda Scoopy. Generasi pertama diluncurkan pada 20 Mei 2010 dengan ciri khas lampu sein terpisah dari body serta ditenagai mesin berkapasitas 110cc dengan sistem pembakaran karburator. Ketika pertama kali dikeluarkan motor ini dibanderol dengan harga Rp. 13.5 Juta Rupiah. Desain Scoopy karbu sama-sama bergaya retro dengan lekukan body yang khas dan headlamp berukuran besar.

Modifikasi Scoopy Karbu
Modifikasi Scoopy Karbu

Bagi Anda yang masih mempunyai Scoopy Karbu lebih baik memodifikasinya agar desain motor lawas tersebut tetap kekinian. Anda dapat menerapkan berbagai macam gaya, seperti Babylook dan Thailook. Saat ini harga motor Scoopy Karbu bekas juga sangat murah sekitar 5 Jutaan sampai 7 Jutaan, sehingga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang berencana membangun motor modifikasi untuk mengikuti kontes maupun hanya sekedar menyalurkan hobi.

5. Modifikasi Retro


Desain retro sudah mendarah daging pada Honda Scoopy. Sejak generasi pertama motor ini dirancang dengan bentuk body yang khas layaknya motor retro dari Eropa. Nah untuk memaksimalkan gaya retro pada Honda Scoopy, Anda dapat menambahkan Windshield dan box belakang. Sedangkan untuk bagian lainnya lebih baik dibiarkan apa adanya agar tidak merusak desain Scoopy yang dari sananya sudah retro abis.

Modifikasi Retro
Modifikasi Retro

Gambar modifikasi Scoopy di atas merupakan Honda Scoopy generasi kedua. Desainnya memang berbeda dengan Scoopy generasi pertama, karena sudah dilengkapi lampu sein pada bagian body samping. Motor ini juga memakai mesin lebih canggih yang dioptimalkan teknologi Injeksi sehingga membuat konsumsi bahan bakarnya semakin irit dan ramah lingkungan. Generasi kedua tersebut diluncurkan pertama kali pada tanggal 8 Februari 2013 dengan harga Rp. 13.9 Juta.

6. Modifikasi Roda Tiga

Bagi yang suka aliran modifikasi ekstrim, maka bisa merubah bagian kaki-kaki Honda Scoopy agar mempunyai konsifugrasi 3 roda, yaitu 1 roda di depan dan 2 dibelakang. Modifikasi Scoopy ini sangat cocok bagi kaum difabel yang membutuhkan motor matic untuk beraktivitas sehari-hari. Hadirnya 3 roda tentu membuat Honda Scoopy lebih mudah dikendarai bagi kaum difabel yang mempunyai keterbatan fisik.

Modifikasi Retro
Modifikasi Retro

Modifikasi Honda Scoopy roda tiga tak hanya fungsional, namun juga membuat tampilan motor ini semakin keren. Kami yakin modifikasi Scoopy di atas membutuhkan biaya cukup besar, karena harus merubah kaki-kaki bagian belakang agar bisa dipasangkan dua roda sebagai sistem penggerak utamanya.

7. Modifikasi Scoopy Stylish

Ada beberapa varian Honda Scoopy yang dipasarkan saat ini. Diantaranya adalah tipe Sporty, Stylish, dan Playfull. Nah untuk tipe Stylish memiliki ciri khas striping minimalis dengan warna elegan yang terlihat mewah dan stylish. Sedangkan untuk spesifikasinya tetap sama dengan Honda Scoopy tipe lainnya, yaitu mengandalkan mesin berkapasitas 110cc dengan teknologi PGM-FI yang sanggup menyemburkan tenaga sebesar 9.1 PS dan torsi 9.4 Nm.

Modifikasi Scoopy Stylish
Modifikasi Scoopy Stylish
Modifikasi Scoopy Stylish
Modifikasi Scoopy Stylish

Gambar modifikasi Scoopy di atas merupakan Scoopy generasi ke empat atau All New Honda Scoopy yang dikeluarkan pada tahun 2017. Rancangannya memang berbeda dengan Scoopy generasi sebelumnya, karena teah memakai lampu depan berteknologi LED yang terintegrasi dengan lampu sein. Disamping itu, ukuran velg berubah dari sebelumnya 14 inci menjadi 12 inci dan digabungkan dengan ban tubeless tapak lebar yang menjadikan motor ini terlihat semakin stylish.

8. Modifikasi Drag Style

Salah satu ciri khas motor drag adalah menggunakan ban cacing agar motor lebih stabil saat berakselerasi pada kecepatan tinggi. Namun sering kali ban cacing digunakan sebagai ban harian, terutama pada modifikasi Scoopy bergaya Drag Style. Aliran modifikasi ini memang mirip Thailook Style, tetapi menurut kami jauh lebih ekstrim karena harus memotong beberapa bagian body agar mencerminkan motor drag yang mempunyai bobot ringan.

Modifikasi Drag Style
Modifikasi Drag Style
Modifikasi Drag Style
Modifikasi Drag Style

Apabila bodinya tidak dipotong juga tidak jadi masalah, tetapi akan mengurangi aura motor drag pada modifikasi yang dibangun. Disamping itu, modifikasi Scoopy Drag Style harus memakai knalpot racing yang akan mengeluarkan suara menggelegar. Tidak lupa rangka motor dicat ulang dan dibalut striping yang unik dan nyentrik. Kemudian untuk bagian suspensi memakai suspensi tabung yang memberikan kesan sporty seperti motor balap.

9. Modifikasi Airbrush

Bagi yang berjiwa seni tinggi lebih baik merubah tampilan Scoopy dengan Airbrush. Sayangnya biaya Airbrush sangat mahal, karena rata-rata dipatok melebihi 2 Juta Rupiah. Harga tersebut sangat wajar, karena pengerjaan Airbrush memerlukan ketelitian dan ketelatenan. Bisa dibilang Airbrush sama saja dengan melukis. Bedanya yang dilukis bukanlah kain kanvas, melainkan body motor.

Modifikasi Airbrush
Modifikasi Airbrush

Teknik Airbrush tidak bisa dilakukan sembarangan orang. Oleh karena itulah hasilnya akan terasa sangat istimewa. Anda dapat memilih beragam grafis sesuai selera dan konsep modifikasi yang dibangun. Disamping itu, Anda dapat menggabungkannya dengan merubah beberapa bagian Scoopy, seperti velg, suspesi, knalpot, dan stang. Modifikasi motor Scoopy ini juga sangat cocok untuk mengikuti kontes, karena biasanya ada kelas khusus yang memperlombakan keindahan Airbrush.

 

Jika budget yang Anda punya tidak cukup untuk memesan Airbrush, maka Anda dapat beralih menggunakan Decal Sticker yang sama-sama bisa menutup seluruh bagian motor dengan desain sesuai keingingan. Harga Decal Sticker Honda Scoopy rata-rata dibanderol 400 Ribuan sampai 500 Ribuan. Bisa saja harganya lebih murah, karena dari jenis sticker yang digunakan. Sayangnya Decal Sticker tak seawet Airbrush, karena hanya bisa bertahan sekitar 2 Tahun.

Kelebihan lain dari Decal Sticker adalah tidak merusak cat body, sehingga ketika bosan bisa dilepas dan motor akan terlihat seperti baru lagi. Yah ada banyak sekali alternatif untuk memodifikasi Honda Scoopy agar terlihat keren dan berbeda dari milik orang lain. Tetapi kami menyarankan untuk tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan ketika melakukan modifikasi Scoopy. Nah demikianlah infomasi otomotifly.com kali ini. Semoga informasi modifikasi motor di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here