Tips Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas

1
109
Tips Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas
Tips Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas

Tips Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil memang bekas memang suatu pilihan, banyak orang yang senang membeli mobil bekas daripada membeli mobil baru di dealer. Karena dengan membeli mobil bekas Anda akan memiliki harga yang relatif murah jika dibandingkan mobil baru, atau dalam pandangan beberapa orang membeli mobil bekas itu memang lebih baik karena jika dijual kembali tidak akan rugi terlalu besar seperti mobil baru, karena sekarang mobil dengan harga 500jutaan dalam waktu 5 tahun saja di pasaran bisa anjlok sampai dengan 300jutaan pastinya anda akan merugi 200juta belum lagi ketika anda membelinya secara kredit tidak dihitung pula kerugian dari bunga yang anda bayarkan ketika anda membayar angsuran mobil.

Meskipun membeli mobil bekas tentunya Anda tetap ingin mendapatkan mobil yang berkualitas baik, jadi membeli mobil bekas juga harus benar-benar ekstra bahkan tak jarang orang membayar montir atau orang yang lebih berpengalaman dalam masalah mobil, banyak hal yang dapat mempengaruhi performa dari mobil maka dari itu kalau Anda masih belum paham betul memang anda harus membawa atau minta ditemani oleh orang lebih ahli agar anda tidak kecewa nantinya setelah anda membeli mobil bekas ini.

Tips Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas

1. Tempat Pembelian

Biasanya, pemilik memiliki harga yang wajar. Tetapi jika Anda membeli kartu dari departemen, Anda pasti akan memiliki bonus dan pemain. Anda perlu memutuskan mana yang lebih penting, kualitas atau biayanya? Ketahui waktu Anda dan lihatlah sebelum memilih kendaraan yang ingin Anda beli.

Anda bisa memilih showroom yang tepat dengan bertanya rekan atau teman Anda. Anda juga bisa mencari informasi showroom yang bagus dengan menawarkan harga yang murah dan mobil yang berkualitas didaerah Anda.

Meskipun begitu saya menyarankan Anda membeli mobil bekas pada pengguna mobil yang pertama selain harga lebih murah daripada di showroom karena mereka pasti sudah menaikkan harga apalagi jika menggunakan makelar. Pemilik mobil juga lebih mengetahui seluk-beluk dan kondisi mobil.

2. Periksa Mobil

Anda harus memiliki pengetahuan tentang mobil yang ingin Anda beli. Nah disini yang harus Anda perhatikan dan periksa adalah mobil bekas yang ingin Anda beli :

a. Eksterior Mobil

Eksterior mobil juga perlu Anda periksa karena bisa saja mobil pernah penyok. Disini harus memperhatikan seluruh body mobil apakah masih mulus atau tidak termasuk baret dan penyo mobil. Kemudian Anda harus perhatikan kaca mobil apakah ada baret atau retak maupun goresan pada kaca mobil. Kemudian Anda juga harus memperhatikan bagian kolong mobil karena biasanya apabila habis hujan pastinya beberapa bagian keropos di bawah mobil.

b. Interior Mobil

Setelah Anda mengecek bagian eksterior mobil jangan lupa Anda perhatikan bagian dalam mobil. Pastikan bagian dashboard mobil masih rapi dan tidak ada komponen yang pecah didalam interior kendaraan. Anda juga bisa melihat plafon mobil apakah terdapat jamur yang menempel atau tidak, biasanya jika mobil kurang perawatan maka akan terdapat jamur di plafon mobil. Anda juga harus memeriksa kondisi jok, AC mobil, audio, pemanas kaca, mirror, sensor parkir dan kamera parkir jika ada.

c. Performa Kendaraan 

Nah disini Anda juga harus mengecek performa kendaraan, Anda harus menguji tes drive dan mencoba meminta izin untuk test drive agar dapat mengetahui performa mobil yang ingin Anda beli.

Cobalah menyalakan mesin jika mesin bisa menyala dengan mudah dan suara yang keluar dari mesin tidak kasar itu tandanya mesin dalam kondisi baik, dan cobalah bawa mobil ke jalanan yang kurang rata hal ini bisa memberitahu kalau suspensi dari mobil masih bekerja dengan baik atau sudah rusak, dan anda juga perlu memastikan kalau mobil tidak berbelok sendiri baik ke kanan atau ke kiri, jika mobil berbelok sendiri itu berarti ada yang kurang beres pada kaki-kaki mobil itu.

d. Legalitas Mobil

Pengecekan surat-surat kendaraan juga jadi hal yang penting, jadi anda perlu melakukan pengecekan hal ini, karena anda harus tahu kalau stnk dan bpkb mobil yang ingin anda beli itu asli, zaman sekarang apalagi kita membeli mobil di Indonesia memang banyak mobil bodong yang dibuatkan stnk dan bpkb mobil palsu agar mobil curian tersebut laku mahal, jadi anda harus melakukan pengecekan pastinya anda tidak mau jika mobil yang akan anda beli merupakan mobil yang bermasalah mengenai surat-surat kendaraan.

e. Cek Fisik

Jika anda kurang puas dengan stnk dan juga bpkb kendaraan, Anda bisa meminta untuk melakukan cek fisik di samsat, agar anda bisa mengetahui keaslian dan juga bisa atau tidaknya mobil tersebut dibalik nama, karena ada beberapa mobil yang tidak bisa dibalik nama atau membutuhkan surat kuasa untuk bisa dibalik nama seperti mobil-mobil atas nama perusahaan, jika anda sudah merasa cocok semuanya pastinya pemilik kendaraan tidak akan ragu untuk melakukan cek fisik, Anda dapat meminta izin secara baik-baik dan bermusyawarah agar semua aman dan tidak ada masalah kedepannya.

f. Asuransi Mobil

Setelah anda puas dengan semuanya, anda bisa bertanya kepada penjual apakah mobil itu masuk dalam salah satu perusahaan asuransi atau tidak,jika masih masuk dalam asuransi tenang saja asuransi masih bisa tetap berjalan walaupun mobil sudah berpindah tangan karena perusahaan asuransi juga mau untuk merubah kepemilikan kendaraan jika mobil sudah dijual.

3. Pikirkan tentang hak-hak pelanggan Anda

Membeli mobil bekas sangat rumit, pertama-tama, Anda harus ingat bahwa Anda adalah seorang konsumen dengan hak. Pastikan Anda terlindungi. Cari informasi dan informasi yang membantu Anda memahami apa yang Anda hadapi. Juga mencari kebenaran dari para penjaga, ada banyak pemecah masalah di luar sana berusaha untuk mencari tahu lebih banyak tentang kebingungan yang bisa Anda cari. Anda bisa mencari teman yang paham tentang seluk beluk pembelian mobil bekas.

4. Pelajari Kisah Mobil

Tanyakan mengapa mereka ingin menjual kendaraan. Begitu juga apakah Anda akan membeli ada cerita di balik semuanya. Ajukan pertanyaan seperti alasan mereka menjual kendaraan, apakah ia telah mengalami reparasi yang lebih banyak, kapan selesai penyetelan, dll. Memahami sejarah dan cerita mobil bak dapat memungkinkan Anda untuk memprediksi kalkulasi mobil.

5. Kontrak dan Tanda Terima

Pastikan untuk mencari sesuatu yang bertentangan jika Anda memutuskan untuk membeli yang sudah menjadi pilihan Anda. Bayangkan dengan sungguh-sungguh dan lihat bagian meminta untuk tanda terima. Juga, jangan lupa untuk merekam details orang yang Anda negosiasi. Lebih baik jangan menyesal. Hal ini memungkinkan Anda untuk melacak individu yang bertanggung jawab dalam perawatan tersebut tidak memenuhi harapan yang tercantum pada kontrak.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here