Harga SM Classic 2020 : Motor Bebek Retro 20 Jutaan

0
13


Harga SM Classic 2020 – Motor SM Sport buatan mana? Bagi yang belum tahu, SM Sport merupakan merk motor asal Malaysia yang mendapatkan lisensi dari SYM yang merupakan produsen sepeda motor asal Taiwan. Sudah ada beberapa tipe motor yang mereka pasarkan, dan salah satunya adalah SM Classic.

SM Classic menjadi salah satu motor SM Sport terpopuler di Indonesia. Keunikan motor ini adalah memiliki desainnya. Sebab SM Classic memiliki desain mirip Honda Super Cub C125, namun dengan harga jauh lebih terjangkau. Dimana harganya cuma 20 Jutaan.

DAFTAR ISI ARTIKEL

Dengan harga 20 Jutaan, apakah motor ini layak dibeli? Soal layak atau tidaknya tergantung dari selera masing-masing. Bagi yang suka motor bergaya klasik, mungkin akan tertarik membelinya. Namun bagi yang mengedepankan sebuah brand atau merk, mungkin akan berpikir dua kali sebelum membelinya.


Sebenarnya motor ini cukup menarik. SM Sport berusaha memadukan antara desain klasik dengan sentuhan modern melalui beragam fitur yang telah terpasang pada motor ini. Nah untuk mengetahui apa saja fiturnya, silahkan simak review singkat otomotifo.com berikut ini.

Spesifikasi dan Harga SM Classic

Review SM Classic

Perlu kalian ketahui, bahwa SM Classic belum menggunakan mesin injeksi. Mesinnya masih menggunakan sistem pembakaran karburator dengan sistme pengapian CDI. Sedangkan untuk kapasitas mesinnya adalah sebesar 109.2cc dengan konfigurasi bore 50 mm dan stroke 55.6 mm.

Performa mesinnya cukup standar dengan tenaga maksimum sebesar 6.2 kW pada 7.500 rpm dan torsi puncak mencapai 8.2 Nm pada 5.550 rpm. Mesin tersebut hanya mampu menghasilkan top-speed mencapai 85 km/jam dengan didukung transmisi manual 4 percepatan.


Tersedia dua cara untuk menghidupkan mesin SM Classic, yakni menggunakan kick starter dan electri starter. Lalu ada pula tangki bahan bakar berkapasitas 4 Liter yang terpasang pada jok belakang. Uniknya, jok belakang SM Classic tidak dilengkapi kunci, sehingga semua orang bisa membukanya.

SM Classic juga memiliki jok penumpang yang bisa dilepas sehingga bisa digunakan untuk menaruh kerajang belanjaan. Lalu untuk lampu depannya sudah menggunakan LED dengan desain yang terlihat futuristik dan meberi kesain modern. Namun secara keseluruhan desainnya tetap terlihat retro.

Tak hanya lampu depan saja yang sudah menggunakan LED, SM Classic juga memiliki lampu sein dan lampu belakang LED. Bagi yang ingin full retro, kami sarankan untuk menggantinya dengan lampu biasa. Lalu ada pula fitur USB Socket Charger yang memberikan solusi saat kehabisan baterasi smartphone ketika berkendara.


Dari segi desain terlihat cukup keren dengan aksen chrome yang menghiasi beberapa bagian body. Desain lampu depannya dibuat membulat dengan posisi berada di bawah stang. Secara sekilas memang sangat mirip dengan Honda Super Cub C125, namun tetap saja motor ini bukanlah motor Honda jadi jangan samakan teknologinya.

Untuk dimensinya sendiri memiliki ukuran panjang 1.900 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.010 mm. Bobot keseluruhan SM Classic mencapai 101 kg sehingga tergolong cukup ringa saat dipakai berkendara. Selain itu, motor ini memiliki wheelbase berjarak 1.230 mm, tinggi 755 mm, dan ground clerance 120 mm.

Menariknya, motor ini menggunakan suspensi depan bertipe Upside Down yang jarang diaplikasikan oleh produsen Jepang dalam memproduksi motor matic. Sedangkan untuk suspensi belakangnya menggunakan shockbreaker ganda yang dilindungi cover. Rantai motor ini juga dilindungi cover, sehingga menambah kesan klasik.

Untuk menambah kesan retro, SM Classic menggunakan rem tromol yang terpasang pada roda depan dan roda belakang. Selain itu, motor ini memakai velg jari-jari yang memiliki desain jari-jari rapat. Meskipun terlihat keren, namun model jari-jari tersebut rawan patah saat terbentuk jalanan berlubang.

Kemudian untuk ukuran rodanya berukuran 70/90-R17 pada bagian depan dan 80/90-R17 dibagian belakang. Kedua rodanya menggunakan ban tubetype dikarenakan menggunakan velg jari-jari. Bagi yang ingin menggantinya dengan ban tubeless bisa menggunakan selendang manset yang banyak dijual dipasaran.

Spesifikasi SM Classic

Spesifikasi SM Classic
DIMENSI 
Panjang
Lebar 690 mm
Tinggi 1.010 mm
Wheelbase 1.230 mm
Tinggi Jok 755 mm
Kapasitas Tangki 4 Liter
Ground Clearance 120 mm
Berat 101 kg
MESIN
Tipe Mesin 4 Tak, 1 Silinder
Sistem Pendingin Pendingin Udara
Kapasitas Mesin 109.2 cc
Tenaga 6.2 kW / 7500 rpm
Torsi 8.2 Nm / 5.500 rpm
Sistem Pembakaran Karburator
Transmisi Manual 4 Percepatan
Starter Kick /Electric Starter
Bore X Stroke 50 x 55.6 mm
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
Rasio Kompresi 8.8 : 1
KAKI-KAKI 
Ban Depan 70/90-R17
Ban Belakang 80/90-R17
Suspensi Depan Upside Down
Suspensi Belakang Tabung Ganda
PENGEREMAN 
Rem Depan Tromol
Rem Belakang Tromol

Untuk mengetahui spesifikasi motor ini secara lengkap, silahkan simak tabel di atas. Nah setelah mengetahui spesifikasinya, selanjutnya mari kita membahas mengenai harga SM Classic pada artikel berikut.

Harga SM Classic

Harga Motor SM Sport Classic

Saat pertama kali dipasarkan di Indonesia, harga SM Classic dibanderol sekitar Rp. 18 Jutaan. Namun sekarang harga motor asal Malaysia ini sudah naik menjadi sekitar Rp. 20.8 Jutaan. Kenaikan harga tersebut tak lepas dari minat banyak orang dalam membeli motor bebek retro yang satu ini.

Banyak orang tertarik membeli motor ini karena desainnya. Desain SM Classic memang terlihat keren, karena memadukan antara kesan retro dan futuristik. Meskipun begitu, masih banyak orang yang meragukan kualitas motor buatan Malaysia tersebut. Mengerti akan hal itu, maka SM Sport memiliki solusinya.

Untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat Indonesia, SM Sport memberikan garansi selama 3 tahun atau 30.000 km. Selama masa garansi kita tidak perlu khawatir motor rusak, karena bisa klaim garansi apabila terjadi kerusakan.

Dealer SM Sport di Indonesia juga bertambah sehingga memudahkan masyarakat Indonesia untuk membeli SM Classic ataupun motor lainnya yang dipasarkan oleh SM Sport. Di Indonesia, motor SM Sport didistrubiskan oleh PT. MForce Indonesia yang juga memasarkan motor SYM asal Taiwan.

Kesimpulan

Siap sih yang cocok membeli SM Classic? Menurut kami motor ini sangat cocok bagi kalian yang menginginkan motor bergaya klasik, namun tetap memiliki sentuhan modern. Beragam fitur modern sudah tersedia pada motor ini seperti suspensi Upside Down, lampu LED, dan USB Charger.

Dibalik banyaknya kelebihan yang dimiliki SM Classic, kita harus menerima semua kekurangannya. Dimana salah satu kekurangan SM Classic adalah masih menggunakan mesin jadul yang menggunakan sistem pembakaran karburator. Performa mesinnya juga standar, namun sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan harian.

Nah demikianlah informasi mengenai spesifikasi dan harga SM Classic yang merupakan motor bebek retro berbanderol 20 Jutaan. Silahkan kalian tentukan sendiri apakah motor ini layak dibeli atau tidak dan semoga informasi yang kami sampaikan bisa menjadi referensi berharga sebelum membelinya.

5/5 (1 Review)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here